Sample of MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition)Proposal

PROPOSAL KEGIATAN

WORKSHOP AND TRAINING PUBLIC SPEAKING 2011:

DIBUAT OLEH:

LIPS ORGANIZER

 

 

DIRJEN INFORMASI DAN KOMUNIKASI PUBLIK

DEPARTEMEN KOMUNIKASI DAN INFORMASI REPUBLIK INDONESIA

YOGYAKARTA

I.                  NAMA KEGIATAN

Workshop and Training Public Speaking 2011: SpeakUp! “Enhance Your Communication Skill”

II.               TEMA KEGIATAN

Membekali, melatih dan mengembangkan potensi dalam hal berkomunikasi di deapan publik.

III.           LATAR BELAKANG KEGIATAN

Persaingan dunia global saat ini menuntut kita untuk menjadi seseorang yang memiliki kemampuan lebih untuk bersaing. Tidak hanya memiliki kemampuan dalam bidang akademik saja, tetapi soft skill juga memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas dan kredibilitas diri. Salah satu soft skill yang saat ini diperlukan adalah skill berbicara atau public speaking skill. Dewasa ini, hampir setiap hari kita berkomunikasi dengan banyak orang, bernegosiasi, bahkan jika Anda seorang entertainer (MC, penyiar, dll) Anda harus menarik perhatian audience untuk terus memeprhatikan dan mendengarkan Anda. Oleh karena itu, mengetahui pentingnya public speaking skill, kami sebagai event organizer memberikan fasilitas untuk meningkatkan kualitas diri dalam hal berbicara atau berkomunikasi dengan menyelenggarakan sebuah workshop dan training mengenai public speaking, tentunya dengan beberapa profesional panelis dari berbagai bidang.

 IV.            PENYELENGGARA KEGIATAN

Peyelenggara kegiatan ini adalah Departemen Komunikasi dan Informasi, yang sudah menjadi agenda tahunan mereka dalam mensosialisasikan pentingnya skill berkomunikasi untuk setiap orang, baik di dunia bisnis maupun di dunia hiburan (entertaiment). Selain itu, mereka juga memberikan pelatihan untuk mempersiapkan setiap pribadi dalam menghadapi tantangan dunia. Departemen Komunikasi dan Informasi bekerja sama dengan LIPS Organizer dalam melakukan perencanaan, persiapan, sampai dengan pelaksanaan kegiatan.

V.                TUJUAN KEGIATAN

Sebagai sarana bagi masyarakat, khususnya karyawan/i dan mahasiswa untuk mendapatkan informasi, motivasi, cara dan pelatihan mengenai public speaking yang benar dan produktif di depan publik.

VI.            WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Hari/Tanggal                : Sabtu dan Minggu, 16 dan 17 Juli 2011

Waktu                              : 08.00 – 17.00 WIB

Tempat                           : Conference Hall, University Club, Universitas  Gadjah Mada

VII.         RENCANA KEGIATAN

  1. Seminar talkshow dari 5 panelis, yang berkecimpung dalam 5 bidang yang berlainan, yakni: newscaster (pembaca berita), broadcaster, master of ceremony, public relation, dan marketer.
  2. Training secara langsung bersama pakar profesional, seperti Rosiana Silalahi, Dahlan Iskan, Anies Baswedan, Fania Zettira dan Indah Suryaningtyas.

VIII.     SASARAN KEGIATAN

Karyawan/i perusahaan, eksekutif muda, dan mahasiswa.

IX.            SUSUNAN PANITIA

Pelindung                                   

Ir. Tifatul Sembiring,  Menteri Komunikasi dan Informasi RI

Penasihat                                   

–         Drs. Freddy H. Tulung, MUA, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik

–         Aizirman Djusan, MSc, Econ, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia

Penyelenggara

LIPS Organizer

Jalan Rose 23, Sleman, Yogyakarta

(0274) 881363

 

Ketua Peyelenggara                : Wahyu Nurochim

Wakil Ketua                                : Antonio Wahyu Prayogo

Sekretaris                                    : Frista Nur Anisa

Bendaraha                                   : Dhita Hayu Cahyani

Koordinator Acara                  : Lusyana Hermita Sari

Koordinator Konsumsi          : Marlina Dhewi Kartika Utami

Koordinator Dana                    : Monica Liliani Halin

Koordinator Perlengkapan  : Krishandaru Geylang

Koordinator Publikasi            : Jarod Ade Irawan

Koordinator Keamanan         : Dwipa Wijaya

Sponsorship dan Humas        : Dian Utami

X.               JADWAL KEGIATAN

Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 hari dimana hari pertama merupakan kegiatan yang berbentuk workshop, sedangkan hari kedua merupakan kegiatan yang berbentuk training (pelatihan), didampingi oleh pakar- pakar yang profesional dalam bidangnya.

1.      Hari Pertama

Tema                         : Workshop for Enhancing Your Communication Skill

Hari/Tanggal         :  Sabtu, 16 Juli 2011

Waktu                       : 08.00 – 16.30 WIB

Tempat                    : Conference Hall, University Club, Universitas Gadjah Mada

2.     Hari Kedua

Tema                         : Training with Profesional Public Speakers

Hari/Tanggal         : Minggu, 17 Juli 2011

Waktu                       : 08.00 – 17.00 WIB

Tempat                     : Conference Hall, University Club, Universitas Gadjah Mada

XI.            RINCIAN JADWAL KEGIATAN

WAKTU

KEGIATAN

Hari Pertama: Workshop for Enhacing Your Communication Skill

08.00 – 08.30

Persiapan Panitia dan Registrasi Ulang

08.30 – 08.50

Pembukaan

  • Sambutan Ketua Peyelenggara
  • Sambutan Menteri Komunikasi dan Informasi

09.00 – 11.00

Sesi I- Public Speaking for Bussines

  • Dahlan Iskan
  • Anies Baswedan

11.30 – 12.30

Break

  • Sholat
  • Makan/ Coffee Break
  • Band Perfomance

13.00 – 16.00

Sesi II- Public Speaking for Entertaiment

  • Rosiana Silalahi
  • Fitri Tropica
  • Indah Suryaningtyas

16.15 – 16.30

Penutupan

 

Hari Kedua: Training with Profesional Public Speaker

08.00 – 08.30

Persiapan Panitia dan Registrasi Ulang

08.30 – 11.15

Sesi I- Training for Bussines Public Speaker

  • Dahlan Iskan
  • Anies Baswedan

11.15 – 12.30

Break

  • Sholat
  • Makan/ Coffee Break
  • Band Perfomance

13.00 – 16.00

Sesi II- Training for Entertaiment Public Speaker

  • Rosiana Silalahi
  • Fania Zettira
  • Indah Suryaningtyas

16.15 – 16.30

Ice Breaking

16.35 – 16.50

  • Pembagian Plakat kepada Panelis
  • Pembagian doorprize

16.53- 17.00

Penutupan

Acara Bebas (foto, dll)

XII.        ANGGARAN DANA KEGIATAN

(Tanya ke penulisnya ya..hehehe)

 XIII.     SUMBER DANA KEGIATAN

Sumber dana untuk melaksanakan kegiatan ini dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. Dana Departemen Komunikasi dan Informasi (40%)
  2. Dana Tiket Pendaftaran (20%)
  3. Dana Sponsorship (40%)

XIV.      SPONSORSHIP KEGIATAN ACARA

Panitia peyelenggara “SpeakUP!” mengundang partisipasi perusahaan Bapak/Ibu dalam program sponsorship sbegai berikut:

1.     Sponsor Utama Gold

Biaya sponsorship sebesar 40% dari total biaya yang dibutuhkan.

Kontraprestasi:

  1. Nama dan Logo perusahaan ditampilkan pada spanduk.
  2. Logo perusahaan ditampilkan pada backdrop panggung.
  3. Logo perusahaan ditampilkan pada banner dan umbul- umbul di berbagai tempat strategis, yaitu: Perempatan Jalan Kaliurang, Jalan Magelang, Bunderan UGM, Perempatan Sagan, Perempatan Mirota Kampus.
  4. Logo perusahaan ditampilkan pada setiap iklan di media cetak dan media elektronik, radio.
  5. Logo perusahaan ditampilkan pada setiap tiket pendaftaran workshop.
  6. Perusahaan mendapatkan 7 (tujuh) tiket  Workshop and Training Public Speaking 2011.

2.   Sponsor Utama Silver

Biaya sponsorship sebesar 25% dari total biaya yang dibutuhkan.

Kontraprestasi:

  1. Nama dan Logo perusahaan ditampilkan pada spanduk.
  2. Logo perusahaan ditampilkan pada backdrop panggung.
  3. Logo perusahaan ditampilkan pada banner dan umbul- umbul di berbagai tempat strategis, yaitu: Perempatan Jalan Kaliurang, Jalan Magelang, Bunderan UGM, Perempatan Sagan, Perempatan Mirota Kampus.
  4. Perusahaan mendapatkan 4 (empat) tiket Workshop and Training Public Speaking 2011.

3.   Sponsor Utama Bronze

Biaya sponsorship sebesar 15% dari total biaya yang dibutuhkan.

Kontraprestasi:

  1. Logo perusahaan ditampilkan pada backdrop panggung.
  2. Logo perusahaan ditampilkan pada banner dan umbul- umbul di berbagai tempat strategis, yaitu: Perempatan Jalan Kaliurang, Jalan Magelang, Bunderan UGM, Perempatan Sagan, Perempatan Mirota Kampus.
  3. Perusahaan mendapatkan 2 (dua) tiket Workshop and Training Public Speaking 2011.

4.   Co Sponsor

Biaya sponsorship sebesar 5% dari total biaya yang dibutuhkan.

Kontraprestasi:

  1. Logo perusahaan ditampilkan pada backdrop panggung.
  2. Perusahaan mendapatkan 1 (satu) tiket Workshop and Training Public Speaking 2011.


created by Wahyu Nurochim, Antonio Wahyu Prayogo, Dhita Hayu Cahyani, Frista Nur Anisa, Dian Utami

This is a sample of proposal in MICE class and have A grade


Categories: cor4t-cor3t | Tags: , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: