>Serba-Serbi Profesi di Dunia Kerja<

Hai readers, sudah lama tidak bersua ya. Karena kesibukanku, blog ini jadi agak terbengkalai. Tapi, kali ini aku ngin mencoba berbagi pengalaman dalam dunia kerja, meskipun aku baru dalan dunia itu.

Aku ingin berbagi bagi teman-teman yang sedang mencari atau akan mencari pekerjaan, tapi belum tau secara pasti mengenai job descriptions, fee/salary, jenjang karir, dan bagaimana kalian bisa mendapatkan pekerjaan itu. Selain itu, readers juga akan dapat tips-tips yang pastinya yahud buat disimak. Info-info di bawah ini bisa readers gunakan buat referensi sebelum interview kerja, karena interviewer pasti akan menanyakan kepada readers tentang seberapa jauh readers mengerti akan pekerjaan itu dan tentang perusahaannya. Aku akan membagi dalam 15 Chapters ya.

 

Chapter 1

BIDANG KEUANGAN/FINANCE

 

Pada Chapter 1 ini yang akan dibahas adalah lingkup pekerjaan di bidang Keuangan/Finance. Kenapa bidang keuangan ini penting readers? Soalnya kehidupan sehari-hari kita tidak lepas dari yang namanya uang.

Aku sudah mencari dan mendapatkan 8 profesi yang populer di bidang keuangan, diantaranya: KASIR, AKUNTAN, AUDITOR, PAY ROLL dan TAX OFFICER, STAF KEUANGAN, BUSSINES ANALYST, AKTUARIA, dan BANKIR. Masing-masing memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Selain itu ketelitian juga harus kalian miliki jika ingin bekerja di bidang ini. Anyway, bidang pekerjaan ini cocok banget buat kalian yang hobinya menghitung uang.

1.      KASIR

Profesi kasir adalah profesi yang mudah kalian temukan di perkotaan. Kalau kalian belanja di supermarket, mall atau nabung di bank, ujung-ujungnya pasti berhadapan dengan kasir. Biasanya sosoknya cantik dan ganteng, ramah pula. Penampilan para kasir ini makin komplit dengan seragam mereka yang kinclong.

Coba dech, kamu perhatiin lagi, apa sih tugas seorang kasir? Well, menerima dan mengeluarkan duit udah pastinya. Tapi, benarkah tugas kasir semudah itu?Terus kalau kalian pengen jadi kasir apa saja syaratnya? Kalau mau tau lebih banyak, baca aja yang berikut ini.

a. Jobdesc:

–         Memegang uang kas.

–         Menerima dan mengeluarkan uang atau juga disebut transaksi.

–         Melakukan data-entry terhadap transaksi yang sudah berlangsung.

–         Melakukan verifikasi dan cross-check dana yang disetor dan diterima dengan dokumen pendukung, guna memastikan keakuratan dan kebenaran data.

–         Melakukan pembayaran kepada supplier, vendor, dan pihak ketiga.

–         Melakukan penerimaan dari customers (dalam bentuk cash) untuk meastikan semua transaksi berjalan dengan benar.

–         Melaksanakan pendistribusian dana sesuai dengan administrasi pendukung lainnya untuk pembayaran pajak, logistik, HRD&GA.

–         Melakukan pengurusan garansi dan referensi bank untuk mendukung keperluan dana perusahaan.

b. Gaji

Gaji kasir tergantung tingkat pendidikan, pengalaman dan keuangan dari perusahaan itu sendiri. Kisaran gajinya antara Rp900.000-Rp2.500.000

c. Jenjang Karir:

KasirèFinance StaffèFinance AnalystèFinance SupervisorèFinance Manager

 d. How to get it:

Kalau kamu pengen jadi kasir, setidaknya kamu harus lulus SLTA/SMK. Namun, ada juga perusahaan yang mengisyaratkan pendidikan minimal D3 atau S1 Fakultas Ekonomi

 e. Tips:

Ketelitian jadi poin terpenting, terutama keteitian menghitung uang. Alangkah baiknya, kamu juga meperdalam skill kamu yang lain, misalnya komputer atau bahasa asing agar mempertinggi nilai jual kamu.

 

To be continued…

Categories: cor4t-cor3t | Tags: , , , , , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: